Friday, 18 November 2011

Penjaga Gol Yang Telah Menjaringkan 100 Gol


Liputan6.com, Sao Paulo: Sulit dibayangkan seorang penjaga gol menjaringkan 100 gol dalam kariernya. Ketidakmungkinan itu dipatahkan penjaga gawang senior Brasil, Rogerio Ceni. Sebuah gol Ceni ikut membantu Sao Paulo mengalahkan Corinthians 2-1 (1-0) dalam pertandingan kejuaraan wilayah, Minggu (27/3) malam waktu setempat.

Ceni menjaringkan gol melalui tendangan bebas yang memang menjadi kepakarannyanya. Tendangannya melengkung melewati pagar betis lawan dan menusuk ke pojok kanan atas gawang tanpa bisa dijangkau kiper Corinthians Julio Cesar pada menit ke-54 di Arena Barueri, Sao Paulo, Brasil.


“Sungguh momen yang indah,” kata Ceni yang merupakan kiper ketiga Timnas Brasil saat menjuarai Piala Dunia 2002 di Korea Selatan-Jepun. Sebagai penjaga gol, kata Ceni lagi, dia tidak membayangkan oleh menjaringkan gol ketika memasuki padang


Gol itu, menurutnya, terjadi secara spontan. Kebanyakan gol-gol Ceni datang dari tendangan bebas. Jumlahnya mencapai 56 gol. Lebihnya datang dari eksekusi penalti.


Penghitungan Ceni bebeza dengan FIFA. Induk asosiasi sepakbola dunia itu menghitung Ceni menjaringkan 98 gol. Dua gol yang tambahan menurut Ceni, yakni gol ketika dalam pertandingan persahabatan yang memang tidak masuk hitungan FIFA. Meski menggunakan penghitungan FIFA, Ceni tetap merupakan pemegang rekod penjaga gol dengan jumlah gol terbanyak.


Gol Ceni juga sangat bererti banyak buat Sao Paulo yang menghentikan catatan tidak pernah menang 11 kali berturut-turut atau dari Februari 2007 dari Corinthians, musuh tradisi mereka. Gol pembuka Sao Paulo dijaringkan Dagoberto pada minit ke-39, sedangkan gol Corinthians dijaringkann Dentinho pada minit ke-67.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...