Sunday, 20 November 2011

Sejarah Kewujudan Bra

Mary Phelps Jacob boleh disebut sebagai penyelamat kaum perempuan dari siksaan korset. Dialah yang menemukan bra moden pertama pada tahun 1913. Bra ini sendiri tercipta secara tidak sengaja. Pada ketika itu Mary berniat menghadiri sebuah pesta di New York, rencananya ia akan mengenakan gaun malam. Namun Mary menemukan korsetnya merosakkan bentuk gaun yang akan dia pakai, sebab gaun itu terbuat dari bahan yang sangat tipis .

 

Dia kemudian membuat sebuah alternatif pakaian dalam dari dua buah sapu tangan sutra miliknya dengan tambahan beberapa pita. Itulah bra pertama ditemukan. Bra sendiri berasal dari bahasa Prancis kuno yang bererti 'lengan atas'. Mary kemudian mematenkan pemuannya pada Februari 1914 dengan nama 'backless bra'. Da kemudian mendirikan perusahaan dengan nama Caresse Crosby, dan memulai produksi temuannya.




backless bra, by Mary P. Jacob

Pada tahun 1922, Ida Rosenthal dan Enid Bissett, pendiri perusahaan Meidenform Inc., menyempurnakan bentuk bra dengan bentuk seperti mangkuk, dengan ukuran berbeza-beza berdasarkan ukuran payudara perempuan. Mereka menyebut bra ini, 'Maidenform'.

 

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...