Friday, 13 January 2012

Wanita Tiada Kedua Tangan Mampu Melakukan Perkara Luar Biasa

TEHERAN – Seorang seniman Iran yang lahir tidak memiliki kedua tangannya berhasil menaklukkan cacatnya dengan belajar menggunakan kakinya untuk melukis, memasak bahkan mengirimkan SMS.

Zohreh Etezad Saltaneh (49), lahir tidak seperti bayi lainnya, dia tidak memiliki kedua tangan.
Kini wanita separuh baya tersebut tinggal di sebuah rumah di Teheran dengan ibunya yang telah berusia 85 tahun. Saltaneh dengan mudahnya menggunakan kedua kakinya untuk melakukan kegiatan sehari-hari serta menjaga ibunya yang sudah tua.

“Saya tidak memiliki masalah. Dengan berlatih saya boleh melakukan tugas saya lebih baik dibandingkan orang normal dan mendapatkan kebanggan tersendiri,” ujarny.

Perlu waktu selama 40 tahun baginya untuk boleh mengalahkan cacatnya ketika ini, dia harus berjuang dengan kehidupan sehari-hari mencari nafkah, tapi dia menganggap dirinya tidak berbeza dengan wanita lainnya.

“Pepatah saya adalah, cacat bukan berarti harus dibatasi,” ujarnya.

Walaupun cacat, dia berhasil dalam bidang seni, dia pun berhasil mendapatkan beberapa penghargaan dan lukisannya dipamerkan di 60 pameran di seluruh dunia.

Bakat seni dalam dirinya tidak menghentikan dirinya untuk melukis. Saltaneh juga menenun karpet Persia dengan menggunakan kakinya dan berharap bahwa suatu hari nanti dapat dipamerkan dalam pameran budaya di Iran.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...